CAT BKN Dinobatkan Sebagai Produk Unggulan Indonesia Oleh Bank Dunia




SIAPA yang pernah ikut ujian Calon Penerimaan Negeri Sipil alias CPNS? Atau jangan-jangan kalian, neh? Saya sih, nggak pernah ikut daftar soalnya udah lama kerja, hehehe. Walau nggak ikut daftar, tahun lalu sempat bantuin teman daftar. Ternyata beberapa tahun belakangan ini daftar CPNS lebih simpel karena daftarnya online.
Apa yang diupayakan pemerintah untuk mempermudah para pendaftaran ini patut diapresiasi. Selain memudahkan calon pendaftar juga mengurangi resiko kecurangan yang konon dahulu sering terjadi. Wallahu’alam.
Nah, dibalik kerja keras pemerintah ternyata ada tim solid yang membuat sistem rekruitment CPNS jadi lebih gampang. Tim tersebut yang kemudian melahirkan Computer Assisted Test (CAT BKN). CAT BKN baru-baru ini mendapat apresiasi dari Bank Dunia sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management.

CAT BKN Mereformasi Sistem  
Dalam Global Report: Public Sector Performance yang dirilis World Bank pada Oktober 2018, Computer Assisted Test (CAT BKN) dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management karena berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Indonesia.
Berikut ini summary report yang dikutip dari pengumuman tertulis BKN perihal CAT BKN sebagai produk Indonesia yang berhasil dalam Reforming Civil Service Recruitment.
“In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies."
Edwin Ariadharma, Perwakilan World Bank Indonesia menjelaskan jika terpilihnya CAT BKN mewakili Indonesia karena keberhasilan CAT dalam menghadirkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen CPNS yang berjalan secara transparan, adil, dan akuntabel.
Sistem CAT berkontribusi terhadap penjaringan SDM CPNS yang memang lolos karena kualitas kompetensi individunya. Hal ini berdampak pada penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada masa yang akan datang.
CAT BKN mendapat apresiasi dari World Bank karena dinilai telah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance alias membantu meningkatkan kinerja pada sektor publik.



Secara detail dalam Global Report dijelaskan, sistem rekrutmen melalui CAT berhasil mereformasi kualitas rekrutmen CPNS di Indonesia yang memenuhi empat unsur utama sebagai produk inovasi di sektor publik. Empat (4) unsur tersebut antara lain;
1). Aspek political leadership, diawali dengan inisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS, hingga pada tahun 2014 Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat (Political leadership was essential to overcome the opposition of line ministries and agencies to adopt the new system and accept the results);
2). Aspek Teknologi, BKN melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security);
3). Aspek Transparansi, rekrutmen CPNS dengan CAT berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time);
4).  Aspek Kapasitas Institusi, BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.
Informasi saja, World Bank Global Report 2018 membagi Improving Public Sector Performance ke dalam lima kategori, yakni: Driving Results from the Center of Government; Civil Service Management; Innovations in Managing Public Money; New Approaches to Last-Mile Service Delivery; dan Innovations in Delivering Justice Services.
Beneran keren ya, terus terang, meski saya tidak termasuk bagian dari CAT BKN, saya ikut merasa senang dan bangga. Semoga di tahun-tahun mendatang karya anak bangsa makin banyak diakui keberadaannya. Selamat, ya ...
@alimuakhir

Previous article
Next article

29 Komentar

  1. Pake CAT ini bisa dimanipulasi g y Bang Ale?

    BalasHapus
  2. Keren BKN. Prestasi yang ini sebenarnya perlu di apresiasi dengan baik.

    BalasHapus
  3. SNMPTN bakal pake sistem ini gak ya?

    BalasHapus
  4. Aku pernah ngerasaan CAT BKN. Wah, keren ya bisa jadi produk unggulan

    BalasHapus
  5. Wah ikut bangga pisan diakui world bank nih

    BalasHapus
  6. Dengan tes cat ini jadi lebih fair dan jujur ya kang

    BalasHapus
  7. Harapan saya semoga sistem CAT BKN ini juga diterapkan dalam pemilihan para wakil rakyat. Sehingga kualitas mereka benar2 tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  8. Cat ini yang bikin heboh sedunia jagat perpeenessan. Luar biasa. Moga ke depan bisa jadi bagian yang diandalkan

    BalasHapus
  9. Biarlah cat hanya untuk mewarnai tembok saja ^_^

    BalasHapus
  10. Kata teman saya seleksinya lebih ketat dan memang meminimalisir kecurangan

    BalasHapus
  11. Aku gak ikutan daftar bang, cuma daftarin sepupu doang

    BalasHapus
  12. Ikut bangga juga, meski bukan PNS dan tidak pernah minat jadi PNS :-)

    BalasHapus
  13. Keren.. Semoga melalui CAT Indonesiabbisa menghindari kolusi d penerimaan cpns.

    BalasHapus
  14. Salut untuk developer dan programmer yang mampu menciptakan produk CAT BKN ini. Hal ini akan mendorong produk dan sistem dengan kinerja lebih baik di bidang lainnya.

    BalasHapus
  15. Wah keren ni...jadi lebih bangga sama IbdoneInd

    BalasHapus
  16. Wah aku belum pernah ikut ujian CPNS wakka

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel