Cara Paling Sederhana Mengoptimalkan WordPress untuk SEO



SEBAGAI seorang blogger, selain tidak jemu untuk terus mengasah diri supaya menghasilkan tulisan yang bagus dan bermanfaat juga tidak jemu untuk mengetahui seluk beluk blog lebih dalam lagi supaya ngeblognya optimal.
Seluk beluk blog yang saya maksud misalnya mengetahui ciri-ciri templet yang seofriendly, gedget able, tata letak yang membuat pembaca kita nyaman saat berselancar, dan sedikit tahu tentang Search Engine Optimization alias SEO.
SEO sama saja dengan pengoptimalan mesin telusur atau search engine optimizer. Mengoptimalkan mesin pencari memang bisa dilakukan dengan mengunakan jasa SEO, terutama untuk toko online supaya pemilik toko lebih focus mengurusi produk.
Akan tetapi, sebagai blogger tak salah jika belajar tentang SEO, paling tidak, dengan belajar kita jadi tahu cara membuat artikel kita berada di halaman pertama Mbah Google, hehehe.
SEO menjadi penting karena terkait popularitas sebuah blog atau bisnis online di mesin pencari, jumlah pengunjung, serta hal-hal signifikan yang dibutuhkan setiap blog atau web. Apalagi kalau kita ngeblog dengan menggunakan WordPress dan pakainya Hosting Indonesia.
WordPress sebagai salah satu CMS atau platform blogging yang paling banyak digunakan, sudah dibekali banyak fitur yang bisa kita optimalkan, terutama untuk berbagai kepentingan di dunia online.
WordPress juga dikenal dengan tingkat kustomisasinya yang sangat mudah karena CMS WordPress open-source sehingga banyak developer dan programmer yang menemukan bagian-bagian penting pada WordPress. Tidak terkecuali untuk kepentingan SEO.



5 Cara Sederhana
Pengguna WordPress bisa memanfaatkan website WordPress-nya untuk kepentingan SEO sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Paling tidak dengan memanfaatkan website WordPress kita jadi tahu cara paling sederhana yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan mesin pencari. Apa saja cara sederhana yang bisa kita lakukan? Paling tidak ada lima (5) cara yang bisa dilakukan;
1). Tambah Plugin WordPress SEO by Yoast
Salah satu plugin yang wajib dipasang pengguna WordPress untuk kepentingan SEO adalah plugin WordPress SEO by Yoast. Plugin SEO ini yang paling populer di antara pengguna WordPress.
Fitur yang sangat penting yang saya rekomendasikan untuk dipakai adalah XML Sitemap. Jadi setelah menginstall plugin tersebut, cek bagian kiri Dashboard, di sana ada menu SEO dan XML Sitemap. Pakai menu tersebut untuk Sitemap blog atau web kita.
Jangan lupa daftarkan Sitemap tersebut ke Google Webmaster. Sitemap atau Peta Situs berguna untuk memberitahu Google tentang daftar konten berupa menu, halaman, kategori, hingga postingan di website kita agar lebih mudah diindeks mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya.
Edit juga Robot.txt WordPress pada bagian menu Edit Files. Robot.txt berfungsi untuk memberitahu robot perayap Google tentang konten mana saja yang boleh dan tidak boleh dirayapi dan diindeks ke Google.


2. Tambahkan Deskripsi
Menambahkan deskripsi pada setiap kategori postingan kita juga sangat penting untuk mengoptimalkan blog atau web kita lho. Caranya sangat mudah karena siapa pun yang pakai WordPress pasti pernah belajar.
Caranya, masuk ke Dashboard => Posts => Categories. Klik Edit pada masing-masing kategori dan tambahkan deskripsi yang mengandung kata kunci kategori, artikel, dan website dalam sebuah paragraf yang baik. Jangan sekali-kali menggunakan kalimat yang bersifat spam ya, hehehe.
3. Gunakan Breadcrumb
Pada plugin WordPress SEO by Yoast, ada fitur enable breadcrumbs (harap diceklis) di menu Internal Links. Atur tampilan breadcrumb dan copy kode breadcrumb yang diberikan di paling bawah ke Single Post (single-post.php) (terdapat di Dashboard => Appearance => Editor => single-post.php) tepat di bawah kode format tanggal atau tepat di atas judul postingan.
Enable breadcrumbs membantu mesin pencari mengenali tulisan-tulisan kita, jadi ketika ada orang yang mengetik kata kunci yang sudah kita tentukan, mesin pencari mudah mengenali.
4. Atur Ulang Permalink
Permalink merupakan struktur URL yang mengarahkan pengunjung pada konten spesifik yang akan dibuka dari sebuah blog atau website. Struktur permalink sangat penting untuk memberitahu robot Google membaca tulisan kita. Permalink yang baik itu sederhana dan bersifat direct.


5. Pasang Plugin Secukupnya
Plugin memang sangat membantu mengembangkan blog atau website berbasis WordPress, apalagi kalau penggunanya buta sekali dengan  coding seperti saya, hehehe.
Akan tetapi, tetap saja kita tidak boleh berlebihan memasang plugin karena kalau kebanyakan efeknya akan memperlambat blog atau web kita. Plugin bisa memperlambat hosting karena menambah beban server.
Sayang banget kan, kalau blog atau web kita sudah didesain sedemikian rupa dan kita sudah menulis dengan optimal, tetapi saat pembaca membuka blog atau web kita lambat. Belum satu menit sudah kabur, hehehe.
Okay, itu saja mungkin tips mengoptimalkan blog atau web yang bisa saya bagi kali ini, buat kalian pengguna WordPress Hosting. Semoga bermanfaat.

Visual: dari freepik

Previous article
Next article

13 Komentar

  1. kalau wp enak ya tinggal pasang plugin aja udah langsung bisa ngebantu, aku masih pakai bp sih kudu try harder haha

    BalasHapus
  2. Tips yang ditulis kayaknya semua udah aku terapin, tinggal rajinnya aja nih posting tulisan dan cek-cek kalau ada pembaharuan sistem.

    BalasHapus
  3. Meski udah diterapkan sesuai petunjuk tetap saja works atau enggaknya tergantung pada kemampuan penulis mengolah ide tulisan.

    BalasHapus
  4. Pengin banget punya template SEO friendly. Karena kemarin ganti template, malah lamban.
    Ternyata nanya ke kaka yang bantu design template bilang, kalo template yang aku pakai memang gak SEO friendly, tapi cantik karena sesuai keinginan.

    Huhuuu~

    BalasHapus
  5. Wahhh ini nih penting. Pengalaman saya masih sedikit banget pake wordpress... Soalnya blog pake. Perlu dibintangin, sebarluaskan dan langsung praktekkan

    BalasHapus
  6. Aku pakai blogspot mas. Mau dong di infoin cara meningkatkan SEO untuk blogspot. Supaya tulisan aku SEO kalau di cek di google.

    BalasHapus
  7. Jadi tau seputar platform wordpress. Bisa jadi bekal kalau suatu waktu nanti mau pakai wordpress

    BalasHapus
  8. Saya sedang mempertimbangkan masak - masak untuk pindah ke Wordpress karena fasilitas SEO-nya.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah udah kulakukan semua Kang :D
    Eh tapi breadcrumb kyknya aku msh blm apa ya, baru denger istilahnya skrng. Seneng kalau tulisan pakai SEO shg bisa nangkring di page one :D

    BalasHapus
  10. Saya bukan pengguna WP nih, masih maju mundur cantik karena belum familiar. Mau juga dikasih tips untuk BP

    BalasHapus
  11. Yah.. kebetulan aku tim blogspot Kang Ali. Tapi, poin ke 2 sama poin ke 4 sepertinya bisa diterapkan untuk para pengguna blogspot.

    Oia, sekalian mau tanya:
    Kalo kita udah amalin SEO, Apa bener WordPress itu lebih mudah masuk PageOne dibanding BlogSpot? Atau sebaliknya??

    BalasHapus
  12. Kalo dari segi fitur, wordpress menarik. Tapi dari segi irit, yang merk seblan lebih hat danmij
    Powernya gak jalah kaih be

    BalasHapus
  13. Aku gak pake wp sih, tapi suka aja baca2 gini mgkn bisa ku terapkan di blogspot hehehe

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel