Showcase Youtuber FanFest 2019 di Bandung Hadirkan Kolaborasi Keren



PERNAH lihat nggak penampilan kolaborasi antaryoutuber dalam satu pangung? Pernah kepikiran nggak, bagaimana rasanya berada di antara youtuber? Meski pun dunia saya dekat dengan dunia youtouber, secara saya selain penulis, ngeblog, juga punya channel di youtube, saya hampir nggak pernah kumpul bareng mereka. Kalau pun kumpul paling di acara-acara tertentu yang tidak semuanya youtuber.
Kebetulan banget Minggu tanggal 22 September 2019 kemarin ada acara Youtuber FanFest (YTFF) 2019 di Bandung, tepatnya di Ballroom Hotel Trans Bandung. Berhubung penasaran banget, saya bareng beberapa temen blogger datang ke acara YTFF 2019.
Saat terima undangan rasanya udah deg-degan karena bakal ketemu para youtuber kondang yang hari itu mengisi acara. Sebut saja seperti Marisha Chacha, Tri Atika, Panji Petualang, Kery Astina, dan Yudist Ardhana.
Bagi anak-anak milenial, mereka sangat dikenal karena konten youtube yang mereka buat mampu memikat hati. Sebut saja misalnya Kery yang memparodikan lagu-lagu yang sedang hits, gara-gara parodi tersebut, jumlah subscribe-nya mencapai 2juta lebih.
Kemudian Yudist Ardhana yang konten youtubenya penuh dengan sulap. Siapa sih, yang nggak suka sulap? Jangan kan anak-anak milenial, kita aja suka, hehehe. Tidak mengherankan, jika subscribnya mencapai 5juta lebih.

Booth IM3 Ooredoo (Foto Dedew)

Nah, kerennya, pada YTFF 2019 kali ini, IM3 Ooredoo mengajak mereka berdua untuk kolaborasi di panggung. Apa jadinya mereka berkolaborasi? Pasti bikin heboh pengunjung. Bikin penasaran, kan?

AMSR Challenge di Both IM3 Ooredoo
Pernah dengar AMSR Challenge? Itu lho, membuat suara-suara dengan benda atau alat apa pun. ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response beberapa tahun belakangan cukup ngehits karena efek suara hasil rekaman yang ditimbulkan mampu memberikan reaksi macam-macam seperti ketenangan, dan sebagainya.
Kemarin, begitu masuk venue acara mata saya langsung tertuju ruang studio AMSR Chalenge yang ada di both IM3 Ooredoo, yang warnanya cukup ngejreng. Karena penasaran, saya bareng Teh Erry dan Kang Dedew langsung ikutan chalange dong.
Awalnya bingung mau ngapain karena kita langsung diminta merekam suara yang kekuatannya tidak lebih dari 8 bar (alat perekam di smartphone). Artinya, kita harus pelan-pelan sekali merekam suara.
Belum lagi, benda dan alat-alat yang digunakan untuk memproduksi suara itu dari alat-alat makeup, hehehe. Alhasil, kita gagal di rekaman pertama. Walau begitu, kita tetep happy dan jadi tahu apa itu AMSR.

Pengunjung Ikut AMSR Challage (Foto Ali)
Saya, Teh Erry, dan Dedew Ikut AMSR Challange (Foto Ali)

Oh iya, yang tertarik mau ikut AMSR Chalenge ternyata banyak banget, kita kaget dong, waktu keluar dari studio karena antrean udah panjang. Habis unik dan bikin penasaran, sih. Selain itu, hadiahnya cukup menggiurkan, sebuah kamera vlog!
AMSR Chalenge ini sengaja dihadirkan IM3 Ooredoo untuk memfasilitasi teman-teman vlogger yang ingin berkolaborasi membuat suara-suara dari benda atau alat yang disediakan. Coz, Collabonation Freedom to Collaborate gaesss ...

Kolaborasi Kery dan Yudish yang Ciamik
Menjelang sore, acara semakin ramai, terlebih lagi ketika Kery dan Yudish naik panggung. Kery dan Yudish ditantang IM3 Ooredoo untuk berkolaborasi menghibur pengunjung di panggung utama.
Awalnya saya tidak bisa membayangkan, bagaimana dua (2) youtuber berbeda niche penonton itu bisa tampil bersama dalam satu panggung. Akan tetapi, setelah melihat sendiri jadi amazing, hehehe.
Yudish seperti video-video di channel youtubenya mengajak Kery menjadi relawan dalam aksi sulapnya bersama tiga (3) penonton yang diambil secara acak. Mereka kemudian diminta untuk memilih kursi yang mereka inginkan dengan nomer urut. Total ada empat (4) kursi.
Setelah mereka memilih kursi dan duduk di kursi pilihan mereka masing-masing, mereka diminta membuka goodie bag yang ada di kursi masing-masing. Mereka diminta mengecek isinya lalu membaca isi tulisan yang ada di dalam amplop.
Ada tiga (3) babak sulap yang ditampilkan Yudish, ujungnya semua hadiah yang ada di goodie bag manjadi milik Kery, padahal Kery saat diminta memilih kursi, dia tidak memilih. Dia memilih kursi sisa. Seru dan asyik banget, kan?

Kolaborasi Keren Kery dan Yudish (Foto Ali)

Usai berkolaborasi, Kery tampil bareng bandnya dan ditutup dengan foto bersama penggemarnya. Beneran deh, Collabonation Freedom to Collaborate yang digagas IM3 Ooredoo emang keren. Mengajak dan menantang youtuber dan pengunjung untuk berkolaborasi menghasilkan konten baik dan bermanfaat.
Oh iya info saja, YTFF 2019 sendiri merupakan  ajang pertunjukan talent bervariasi dari para konten kreator Youtube. Sejumlah konten kreator dan artis bakal hadir untuk memeriahkan acara. Sebut saja deretan seleb youtube Indonesia seperti  Ria Ricis, Young Lex, dan Atta Halilintar. Artis panggung Ghea Indrawari dan Marion Jola.
Youtube Fanfest 2019 berencana menggelar showcase pembuka di 4 kota, yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.
Pergelaran dimulai dari Kota Bandung pada 21-22 September 2019, diikuti Yogyakarta 28-29 September, Surabaya 5-6 Oktober, dan Makassar pada 16-17 November. Pagelaran puncak bakal digelar di Jakarta pada 19 Oktober 2019.
So, tunggu saja di kota-kota yang saya sebutkan di atas ya, yang jelas jangan lupa Collabonation Freedom to Collaborate!

Previous article
Next article

30 Komentar

  1. Pingin bs bikin video yg ada Autonomous Sensory Meridian Response-nya. Tp br bs ngeblog sih blm merambah ke ngevlog. Malah anak yg pinter. Usia kls 6 SD udah collab aja sm adek²nya bikin video tutorial cara membuat slime. Nice info Mas Ali. Tfs ya

    BalasHapus
  2. Seru dan asyik banget ya bang. Sayangnya belum ada jadwal acaranya di pekanbaru.

    BalasHapus
  3. Sayang mas, medan gak ada ya.

    Pengen juga datang di acara beginian sama anak. Maksudnya biar anak tertarik ngevlog. Soalnya emaknya cuma boleh nulis sama bapaknya, hahaha

    BalasHapus
  4. Awal OKT ini ada YT FanFest di Grand City Sby.
    Salah satu bolo plekku, Kak Budiono Sukses bakal jadi pengisi acara jugak
    Seruuuuuu!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Wahh, seru banget bisa ketemu banyak youtuber, gini, apalagi bisa nambah konten untuk channel. Ibaratnya, kayak sekali dayung banyak pulau terlampaui. Bisa ikutan, nih, yang di Surabaya.

    BalasHapus
  6. Kang Ali kalau ke Malang sharing dong tentang materinya..aku pengen belajar jadi yutuber juga. Semoga bisa ikut yang surabaya

    BalasHapus
  7. Baca ceritanya aja udah asik banget kebayang deh kalo disana pasti rasanya gak mau pulang

    BalasHapus
  8. Wahh ndak ke medan ya acara ini..

    Youtuber kuliner ndakda yang datangkah mas?
    Saya suka marisa iskandar hehe

    Mungkin gak ya hari jisun dan noona rosa datang 😎

    BalasHapus
  9. Kang Ali beruntung sekali bisa menghadiri acara keren ini. Bisa bertemu para youtuber beken, bisa sharing pengalaman juga ya, Kang.
    Semoga next saya mendapat kesempatan juga nih. Soalnya saya memang harus banyak belajar.

    BalasHapus
  10. Ini keren bangets sih..youtuber ngehits tampil semuwaaa. Aku nunggu YTFF 2019 tanggal 19 Oktober di Jakarta aja ah..Penasaran jadinya

    BalasHapus
  11. Wah seru banget kalo youtuber saling kolaborasi ya. Apalagi klo nontonnya live, kesukaanku acara music live begini

    BalasHapus
  12. Andai rumah saya di Bandung atau sedang berada di Bandung... saya akan ikut acara keren banget ini. Syaa ingin belajar berkarya di Youtube dan merasa masih miskin ilmu. Di sini pernh ada komunitas Youtuber, tapi sudah bubar, kayaknya. atau pindah tempat kumpul?

    BalasHapus
  13. Acaranya keren banget, mas. Saya juga punya channel youtube.Cuma jarang update. Kalau ngomongin youtuber saya paling suka Ria SW, kontennya bagus dan enggak asal. Benar2 dibuat konsepnya. Saya pengennya begitu.

    BalasHapus
  14. Makin banyak anak milineal yang jadi Youtuber ya. Konten2nya juga cukup kreatif dan mereka memilik basis fans sendiri yang lumayan kuat. Acaranya seru juga dan roadshow ke kota2 lainnya ya. Gak sabar menanti di Jakarta Oktober depan.

    BalasHapus
  15. Aku juga lagi menunggu undangan acara Youtuber Fanfest di Jakarta nih. Pengen banget dateng sih supaya bisa ngepoin ke para youtuber hits itu gimana caranya meningkatkan subscriber. hehehe*

    BalasHapus
  16. Acara nya seru ya, sayang d Bandung. Penasaran pengen liat aksi youtuber2 hits tampil. Tp ya apa mo d kata, lewat info ini saja deh. Mks ya ..

    BalasHapus
  17. Acara yang sangat seru banget ya, apalagi para youtuber pastinya kumpul disini, bandung memang tepat dijadikan ajang acara seperti ini, banyak orang kreatifnya

    BalasHapus
  18. Semoga surabaya atau Malang ada juga, bisa nih diusahakan hadir kalau dua tempat terdekat tadi. Kayaknya asyik

    BalasHapus
  19. Semoga di Palembang ada juga acara kayak gini, biar bisa belajar jadi youtubers keren dari ahlinya.

    BalasHapus
  20. Youtuber.... Akulah penikmat konten-konten mereka. Keren bisa ketemu dan dapat ilmu dari orang-orang berpengalaman yang hebat.

    BalasHapus
  21. Keren bisa ketemu youtuber hebat dan berpengalaman.d Pasti pulang-pulang bawa ilmu seabrek.

    BalasHapus
  22. Menarik sekali acaranya, sayang kami yang di daerah ini sulit menjangkau acara-acara keren seperti YTFF dan sebagainya. Btw, apa pembawaan YouTuber di kanal mereka sama dengan saat di panggung luring ya?

    BalasHapus
  23. Acaranya seru banget ya, kang. Sayang kita ga bisa barengan karena beda hari, hihihi.
    Semoga tahun depan kita bisa ke acara YFF lagi ya, kang :)

    BalasHapus
  24. waah... suka kali yang ginian. siap ikut acara beginian, pasti semangatnya membara kan kang? hehe

    BalasHapus
  25. Wah kebayang deh kalau Aldebaran bisa ikutan acara ini Kang, bakalan bahagia banget diaa, bisa ketemu langsung Youtuber kesayangannya..

    BalasHapus
  26. dunia jahat ya, aku baru mau belajar editing video org2 dah pd jd youtuber aja!

    BalasHapus
  27. Pengen juga ikutan acara kek gini tapi belum pernah dapat undangannya huhuhu... acaranya seru banget pula

    BalasHapus
  28. Acaranya kece banget nih, eeh kok di Bandung aja sih, kalau di kota lainnya ada gak kang? Aku menanti banget.

    BalasHapus
  29. Benar-benar bersinar ya para Youtuber zaman now

    BalasHapus
  30. Wah cocok banget nih kalo ikutan acara ini, pasti banyak ilmu yg didapat tentang youtube.

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel