Mengenal Destinasi Wisata Sambil Main Game Kartu Jalan Jalin



SIAPA yang suka jalan-jalan? Apa yang dilakukan ketika jalan-jalan? Apa pula yang dilakukan setelah jalan-jalan? Kalau saya, sebagai traveler ketika jalan-jalan pasti akan mengeksplor sebanyak mungkin destinasi yang saya datangi, bukan apa-apa, supaya dapat banyak manfaat.
Karena saat ini semua orang pegang gedget dan punya media sosial, sebisa mungkin setiap menemukan sesuatu yang menarik, pasti saya informasikan melalui media sosial supaya semua orang tahu, hehehe.
Kemudian setelah jalan-jalan, apa yang saya lihat dan rasakan akan saya tulis di blog, koran atau majalah, kalau dapat honor kan lumayan, bisa buat beli tiket lagi buat jalan-jalan.
Selain dengan cara yang saya ceritakan di atas ada cara lain yang bisa dilakukan, seperti yang dilakukan travelblog.id, mereka membuat game atau permainan berbasis kartu, namanya Jalan Jalin.


Tips Traveling dan Wisata dalam Game Kartu Jalan Jalin (foto Ali)

Game Kartu Jalan Jalin
Saat menerima game kartu Jalan Jalin, saya cukup surprise, warna boxnya sangat menyolok jadi cukup menarik perhatian, hehehe. Setelah saya buka plastiknya dan buka boxnya, ada beberapa kartu bersemanyam di sana.
Ada satu  (1) kartu berukuran 14X11Cm yang menjelaskan tentang travelbog.id dan HolaHalo, satu (1) kartu berukuran 14X11Cm yang menjelaskan Jalan jalin dan Cara Bermain.


Kartu Besar (foto Ali)
Kartu Kecil (foto Ali)

Kemudian ada 40 kartu kecil yang berukuran 10.5X7Cm, pada kedua sisinya berisi tulisan dan gambar. Kartu besar berukuran 14X11CM berjumlah 15 yang berisi kumpulan tulisan dan kumpulan gambar yang ada di kartu kecil. Lalu, bagaimana Cara Mainnya?
1). Setiap pemain mendapat 5 kartu kecil dan sisanya ditumpuk tertutup.
2). Kartu besar ditumpuk di tengah dalam keadaan tertutup.
3). Seorang pemain membuka satu kartu besar dan meletakan di tengah.
4). Setiap kali kartu besar dibuka, pemain harus dengan cepat melihat, apakah gambar yang ada pada kartu miliknya juga terdapat pada kartu besar?
5). Jika ada gambar yang sama, pemain segera meletakkan kartu kecilnya di atas kartu besar yang terbuka. Pemain yang pertama berhasil meletakkan kartu kecilnya di atas kartu besar itulah yang boleh mengurangi kartu kecilnya.
6). Pemain lain yang juga ikut menaruh kartunya, tetapi bukan yang pertama, harus mengambil kembali kartunya.
7). Jika pemain meletakkan kartu kecilnya, tetapi ternyata gambar kartunya tidak ada di dalam kartu besar, maka pemain mendapat denda, ditambah 2 kartu kecil
8). Pemain bergantian membuka kartu besar dan berlomba lebih cepat menghabiskan kartu kecilnya. Jika kartu besar habis dibuka, boleh diulang kembali.
9). Pemain yang menang adalah pemain yang paling cepat menghabiskan kartu kecilnya.
10). Kartu dapat dipakai bolak-balik. Satu sisi bermain dengan figur wisata Indonesia. Satu sisi bermain dengan kata-kata tips wisata. Pemain dapat memilih tema yang dikehendaki.



Kalau dilihat dari cara bermainnya, game Kartu Jalan Jalin ini termasuk dalam kategori game Deexterity (ketangkasan, kecepatan, dan kejelian). Jika dilihat dari jenisnya, game kartu ini masuk dalam kategori party game karena jumlah pemainnya bisa lebih dari 5 pemain. Bagaimana? Penasaran nggak?


Seru Dimainkan Ramai-Ramai (foto Ali)
Manfaat Game Kartu Jalan Jalin
Salah satu ciri game yang baik adalah memberi manfaat baik kepada para pemainnya. Nah, Game Kartu Jalan Jalin ini paling tidak memberikan lima (5) manfaat buat pemainnya;
1). Memperkenalkan HolaHalo “Travel Marketplace” sebagai terobosan besar bagi pariwisata Indonesia.
2). Memperkenalkan berbagai daerah wisata Indonesia yang kaya akan keajaiban wisata yang menarik dan indah.
3). Membangun persahabatan yang penuh tawa dan kegembiraan.
4). Melatih kecepatan, konsentrasi, dan ketepatan.
5). Memberikan berbagai tips perjalanan yang menarik dan penting untuk dilakukan oleh para pecinta wisata.

Oh iya, kartu game Jalan Jalin diterbitkan travelblog.id, sebuah sarana blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman. Selamat bermain Game Kartu Jalan Jalin!


Kartu game Jalan Jalin sudah bisa diperoleh di beberapa online store tokopedia, bukalapak, dan store.travelblog.id, juga bisa didapatkan secara offline, toko   "Grow gift shop" di beberapa tempat ini:
1. Jl. Pager Gunung No. 13 Bandung
2. Istana Plaza, Bandung
3. Point Samudera. Lt. 2, Bandung

Previous article
Next article

24 Komentar

  1. Aku jadi pengen beli ini juga buat anak-anak. Mengenalkan anak-anak dengan wisata yang ada di Indonesia. Karena kami juga senang traveling walaupun sejauh ini masih seputaran wilayah sumatra.

    BalasHapus
  2. Kang Ali, permainan seperti ini yang aman buat anak-anak. Gak ada kecanduan kayak gadget tapi bisa mempromosikan tempat wisata Indonesia. Bagus mas

    BalasHapus
  3. Inovasinya perlu diacungi jempol, nih. Meski tidak original, meniru konsep monopoli, tapi anak akan selalu senang bermain melalui permainan. Game cart Jalan-Jalin ini, bagaimana cara mendapatkannya? Saya ingin punya untuk anak saya, nih

    BalasHapus
  4. Kayaknya asyik nih. Udah lama nggak main kayak gini. Terakhir main kartu2 gitu jaman SMA dulu kalo nggak salah dan itu udah lebih dari 20 tahun lalu. Eh, kalau pemainnya cuma dua nggak bisa ya? tapi kurang seru ya lebih enak kalo rame2.

    BalasHapus
  5. Saya suka sekali jalan-jalan, Kang Ali. Dan memang, saat berada di suatu tempat, saya usahakan eksplor maksimal, agar banyak bahan tulisan hehehe.
    Dan ini keren ya, kartu Jalan-Jalin (namanya keceh). Jadi bisa nih, dibawa saat jalan-jalan bersama para krucil juga. Jadi selain mengenalkan anak-anak pada wisata Indonesia, juga mebgusir bosan, misalnya dalam perjalanan berkendaraan.

    BalasHapus
  6. Berapa harganya? Soalnya rumah selalu kedatangan tamu kecil yang banyak setiap hari. Tenan-teman Palung
    Bosan kalau mereka pengen gunakan ponsel saya ini untuk main Ludo. Sepertinya butuh permainan yang bisa merangsang rasa cinta tanah air dan mengenal bagaimana Indonesia itu.
    Musim hujan gini, snak-anak-yang main di luar akan kesulitan karena pekarangan jeblog jadi tidak bisa main kelereng atau apalah dan pekarangannya akan ditanami 🌽.

    BalasHapus
  7. Tes, komen yang tadi masuk atau belum. Lagi ada masalah sinyal luplap.

    BalasHapus
  8. Oke salut mas atas inovasinya. Di jaman now untuk konsisten dengan game kartu-kartu begini. Sangat cocok nih buat game saat travel bareng keluarga

    BalasHapus
  9. Saya juga mau kartunya.
    Beli online ya?
    Ada harganya apa gak tadi tu ya..
    Cak saya scroll lagi ke atas

    BalasHapus
  10. Wah unik sekali gamenya. Berarti gambar-gambar yang ada di dalam kartu itu gambar tempat wisata yang ada di Indonesia gitu ya?

    BalasHapus
  11. Wah Bandung ya. Kapan ya dijual di Bekasi? Seru juga kartu jalan jalinnya. Aku jd pemasaran buat coba maininnya hehehe

    BalasHapus
  12. Setuju, kalau pergi ke sebuah tempat baru entah sengaja liburan atau karena tugas kerjaan pasti bakal mengeksplor banyak hal.

    Di sekolahku, banyak nih boardgame. Sempet dibuat kompetisi.

    Baca step by step permainan jalan jalin jadi pngen cari terus main. Pasti seru...

    BalasHapus
  13. Kreatif sekali pemilik ide kartu jalan jalin ini. Saya jadi teringat game monopoli, tapi uniknya game ini bisa menjadi alternatif pengisi waktu dan wawasan terhadap wisata Nusantara.

    BalasHapus
  14. Kreatif yaa game kartu Jalan-Jalin. Mengenalkan anak tentang Wonderful Indonesia. Jangan sampai anak² kita malah lebih familiar sm negeri tetangga dan bangga²in negara asing drpd tumpah darahnya sendiri. Btw, game nya bagus buat menambah konsentrasinya ya

    BalasHapus
  15. kok lucuuuu.. lha itu ternyata tokonya ada di kawasan yg saya sering mampir! kapan2 coba saya cek lokasi :)

    BalasHapus
  16. Jalan Jalin, namanya unik ya. Cocok nih buat yang lagi belajar traveling. Bisa dapat banyak info keren sekaligus bermain. Bisa buat ngenalin destinasi wisata ke anak-anak juga kan

    BalasHapus
  17. Ini permainannya untuk anak-anak ya mbak? Seru ya mbak kalau misal main seperti ini buat anak anak. Jadi inget zaman dulu waktu tanpa gadget, mainannya monopoli, congklak, bekel, dsb hehehe

    BalasHapus
  18. Wah pengen punya, mau ngajak anak-anak main ini. Belajar sekalian bermain. Sekaligus belajar dan mengenal Indonesia

    BalasHapus
  19. cocok nih buat dimainkan sama anak-anak. mereka jadi tahu kan ragam daerah di indonesia beserta wisata khas daerah tersebut...
    keren sih inovasinya... patut diacungi jempol

    BalasHapus
  20. Pengen beli juga kartunya. Bisa buat belajar tempat2 wisata Indonesia untuk anak2. Mahal nggak ya harganya?

    BalasHapus
  21. Wah aku baru tau nih permainan ini, edukasi dan menyenangkan juga ya cocok nih buat anak-anak untuk pengalihan main gadget.

    BalasHapus
  22. waah, beli dimana dan harganya berapa kak? kayaknya asyik buat hadiah ke ponakanku kalau pulang besok, biar gak minta main hp sama nonton yutub doang

    BalasHapus
  23. Bagus ya ini kartu jalan-jalin. Media bermain sambil belajar ini. Trus, pas mainnya rame-rame sekalian ngasah kemampuan bersosial juga. Kereen. Ga melulu nampak gadget anak-anak. Ada selingan kartu seru gini 👍

    BalasHapus
  24. Idenya te o pe alias TOP. Saya pernah bikin gambar tebak tebakan tempat sama negara buat ponakan. Bisa pakai gambar landmark atau negara. Seru banget ya!

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel