5 Manfaat Creative Art Series Faber Castell Bagi Perkembangan Anak

 


SEJAK pandemi dan anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tidak sedikit orangtua yang stres karena tidak biasa menangani anak-anak belajar. Akibatnya, anak-anak ikut stres dan tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Agar tidak stres banyak cara yang bisa dilakukan orangtua. Seperti jalin komunikasi yang baik antara orangtua, sekolah, dan anak. Buat aturan yang disepakati bersama. Bangun empati antara orangtua dan anak. Pelajari tipe belajar anak karena tidak semua anak nyaman ketika harus duduk di depan gadget supaya saling mengerti.

Agar anak-anak tidak jenuh, berikan alternatif media belajar yang tidak hanya membuat mereka senang, melainkan juga membuat mereka kreatif. Salah satunya dengan memberikan Creative Art Series, produk kreatif yang baru dikeluarkan Faber Castel Indonesia. Jadi meski pun anak-anak PJJ, kreativitas mereka tetap tersalurkan.

Pada saat seperti sekarang ini, anak-anak yang masih dalam perkembangan harus dipicu dan dipacu kreativitasnya sehingga kelak mereka optimis menyongsong masa depan.



 

Cara Menumbuhkan Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Baik sesuatu yang benar-benar baru atau ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu yang baru.

Contoh kreativitas yang paling mudah adalah adanya inovasi-inovasi baru pada bidang sosial seperti mobil listrik atau di bidang teknologi seperti adanya zoom meet yang sekarang jadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk PJJ atau kelas-kelas online.

Peran orangtua dalam menumbuhkan kreativitas anak itu sangat penting karena anak-anak pertama kali belajar dari orangtua. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menumbuhkan kreativitas mereka, antara lain;

1). Bangun Ruang yang Kondusif

Bangun ruang yang kondusif dalam arti orangtua memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi anak untuk mengeksplorasi kemampuannya. Berikan media-media yang diperlukan sesuai dengan perkembangannya agar rasa kepenasarannya tumbuh.

Jadikan rumah dan keluarga sebagai tempat yang nyaman agar anak-anak tidak takut untuk mengeksplorasi kemampuannya. Buka ruang untuk bertanya seluas-luasnya tanpa takut didikte.

2). Beri Anak-anak Kesempatan

PJJ berbeda sekali dengan sekolah luring, banyak waktu yang bisa digunakan anak-anak untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Beri mereka kesempatan untuk belajar selain pelajaran sekolah. Seperti menekuni hobi dan hal-hal yang disukai sehingga membantu anak menjadi lebih santai dan kreatif.

3). Beri Anak Dorongan

Ketika anak-anak telah menemukan possion-nya beri mereka dorongan bukan larangan. Dorongan ini akan membuat anak makin percaya diri. Saya yakin, possion anak-anak pasti positif, jadi tidak ada alasan untuk mengekangnya.

Dorong anak-anak untuk berinisiatif dan mencoba sesuatu yang bermanfaat. Dorongan untuk inisiatif yang spontan adalah bagian dari proses pendidikan kreativitas anak.

4). Beri Anak Apresiasi

Ketika anak telah bekerja keras melakukan sebuah inisiatif, berikan apresiasi dengan pujian. Berikan pujian dengan tulus agar mereka merasa diapresiasi. Setelah itu baru bari masukan agar apa yang dilakukan lebih baik lagi. Dengan apresiasi, anak merasa nyaman untuk berinisiatif sehingga terus mencoba berkarya.

5). Beri Anak Media yang Kreatif

Perkembangan kreativitas anak akan terhenti jika orangtua tidak memberikan fasilitas media belajar yang memadai dan media yang kreatif. Salah satu media yang memadai dan kreatif yang saya rekomendasikan adalah Creative Art Series Faber Castell yang baru saja  soft launching pada 6 Februari 2021 lalu.

Pada acara Faber-Castell Soft Launching & Workshop yang diadakan secara daring itu menghadirkan pembicara Richard Panelewen, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia dan Dr.Aisah Indati, M.S, Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada dengan moderator Andri Kurniawan, PR Manager PT Faber Castel Indonesia.

Saya baru tahu, ternyata manfaat Creative Art Series Faber Castell sangat banyak, selain untuk mengembangkan kreativitas karena untuk menstimulasi perkembangan yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.



 

Manfaat Creative Art Series Faber Castell

“Creative Ars Series Faber Castell hadir agar anak-anak khususnya dan keluarga pada umumnya bisa melakukan kegiatan kreatif yang bisa dilakukan bersama-sama,” ungkap Richard saat memulai presentasinya pada saat soft launching.

Faber-Castell Creative Art Series, menjadi salah satu jawaban bagi orangtua yang ingin anaknya lebih kreatif dan tidak terus-terusan main games online, menonton tv, atau bermain sosial media.

Saat ini ada 6 (enak) produk Creative Ars Series yang dikeluarkan Faber Castell, yaitu Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

Produk-produk tersebut, jika dioptimalkan dalam pendidikan anak atau pendidikan dalam keluarga maka akan mendapatkan banyak manfaat. Di antara manfaatnya antara lain;

1). Menumbuhkan Bonding dalam Keluarga

Seluruh produk Creative Ars Series Faber Castell selain bisa digunakan anak-anak juga bisa digunakan oleh seluruh keluarga. Misalnya produk Colour Your Own Tote Bag, ketika akan mewarnai tote bag, ibu atau ayah bisa diskusi dengan anak-anak mengenai warna apa yang akan digunakan? Warna-warna soft, warna cerah, warna metro atau retro.

Jika anak-anak belum paham warna, orangtua bisa menjelaskan sehingga mereka mendapatkan pengetahuan baru. Setelah itu bareng-bareng mewarnai. Ketika tote bag telah diwarnai bisa digunakan bersama-sama. Bergantian untuk belanja.

2). Mengenalkan Pada Kekayaan Alam

Ada salah satu Creative Ars Series Faber Castell series yang menggunakan batu  sebagai medianya, yaitu Stone Deco Art. Series ini menurut saya sangat inspiratif dan mengasyikan karena anak-anak atau keluarga bisa menggambar di atas media batu alam.

Anak-anak dan keluarga ditantang untuk menggambar dan melukis di atas batu alam yang bentuknya berbagai macam dengan berbagai tema. Selain mengenalkan kekayaan alam, kemampuan motorik halus anak makin terasah. Begitu pun kemampuan imajinasi dan kreativitasnya, pasti akan makin meningkat.

3). Memacu Daya Kreatif dan Daya Cipta

Creative Ars Series Faber Castel yang mampu menumbuhkan daya kreatif dan daya cipta adalah Origami Fashion Design, 3D Art Frame, dan Air Jet Sport Car. Pada ketiga series ini anak-anak atau keluarga belajar menciptakan fashion dengan origami, membuat frame 3D, dan merangkai mobil dengan bahan yang telah disediakan.

Saya membayangkan, anak-anak yang memang imajinasinya sedang berkembang, akan sangat antusias memainkan ketiga series ini karena mereka akan tertantang menyelesaikannya sebaik dan serapi mungkin. Dengan memberikan ketiga series ini kemampuan daya kreatif dan daya cipta mereka pun akan terpacu.

4). Mengasah Kepekaan Emosi

Menurut Aisah Indati ketika anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber Castell akan kepekaan emosinya. Terutama ketika anak bereksplorasi dengan produk seperti ketika  proses mencampur berbagai macam warna yang melibatkan kreativitas dan inisiatif.

Indati menekankan kecerdasan emosional anak, amat memegang peranan penting tidak hanya untuk saat ini saja, melainkan juga di kehidupannya kelak, maka penting sekali dukungan serta stimulasi-stimulasi seperti yang ada dalam produk Creative Art Series Faber Castell ini.

Dalam teori kecerdasan emosional Goleman menjelaskan dalam buku Handbook of Intelligence, bahwa dengan kecerdasan emosional yang baik, maka mendorong lahirnya kemampuan dalam memahami emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri,  memahami emosi orang lain serta memelihara hubungan. Luar biasa banget kan, manfaatnya?




5). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Bapak Ibu, kebayang nggak betapa bangganya anak-anak ketika telah menyelesaikan semua Creative Ars Series Faber Castel dengan baik kemudian Bapak Ibu memajangnya di ruang tamu atau ruang keluarga? Mereka pasti akan bangga karena apa yang telah mereka lakukan diapresiasi.

Apresiasi tulus yang diberikan orangtua ini otomatis akan menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Jika kepercayaan diri mereka sudah tumbuh, mereka akan lebih mudah berpartisipasi dan menikmati berbagai jenis aktivitas dan hobi. Mereka juga tidak mudah menyerah ketika mendapat tantangan yang sulit.

Anak yang memiliki rasa percaya diri akan selalu berusaha memecahkan masalah dan tidak berlarut-larut dalam kesalahan yang telah dibuat. Mereka akan merasa dirinya berarti dan sejajar dengan anak-anak lain, termasuk ketika menghadapi perbedaan strata ekonomi dan sosial.

6). Sangat Menyenangkan dan Membahagiakan

Memainkan dan mengerjakan aktivitas yang ada dalam Creative Ars Series Faber Castel itu sangat menyenangkan karena tool yang disediakan lengkap. Terlebih lagi, setiap membeli produk Creative Art Series ini, setiap pembeli berhak mengikuti workshop Faber-Castell yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma. Padahal, biasanya workshop seperti ini berbayar mulai dari Rp60.000,- sampai  Rp150.000,-. Hal  ini menunjukkan komitmen Faber-Castell untuk memberdayakan masyarakat dalam berkreasi seni dan bukan sekadar menjual produk.




Point kelima ini menurut saya menjadi menjadi point yang paling penting dari point-point yang lainnya. Bukan kah, tujuan memberi apa pun kepada anak-anak itu agar membuat mereka senang? Nah, dengan Creative Ars Series Faber Castel ini selain anak menjadi makin kreatif, anak juga senang dan bahagia. Kalau anak-anak sudah senang dan bahagia apa pun pelajaran dan teladan yang diberikan pasti akan diterima dengan baik.

Oh iya, produk Creative Art Series Faber-Castell cocok digunakan untuk anak-anak usia pra-sekolah hingga anak-anak usia Sekolah Dasar. Menurut saya, apa yang dilakukan Faber Castell ini luar biasa, sangat membantu orangtua dalam mendidik anak-anak.

So, kalau Manfaat Creative Art Series Faber Castell Bagi Perkembangan Anak sudah sedemikian rupa, masa sih, orangtua tidak memanfaatkannya?

Previous article
Next article

9 Komentar


  1. Ini seruuu banget!
    Aku tertarik juga buat ngajak anakku ikutan creative art faber castell.
    semoga bisa jadi terapi untuk mendukung psiko-motorik dia yg lebih baik ya.

    BalasHapus
  2. Anak senang, kreatif, dan pastinya bangga dengan karyanya sendiri. Hasilnya juga terlihat memesona, ya. Berciri khas.

    BalasHapus
  3. Wah brapaan sih ini creative art seriesnya? Cuma da info workshop aj yg gratis, biasanya berbayar. Tertarik utk beliin bocah. Bisa beli di marketplace or hanya di toko kayak gramedia ya?

    BalasHapus
  4. iya nnih, kayaknya aku pake fabercastel buat mainan gambar2annya anakku nanti
    kalau sekarang kerja dulu sama cari suami dulu
    pamit dulu ya

    BalasHapus
  5. Seneng banget sih inovasi faber castel yang satu ini, bikin acara edukatif. Di tengah penatnya anak2 belajar pjj, moment ini ngasih ruang tersendiri yang menyenangkan

    BalasHapus
  6. Creative Art Series Faber-Castell ternyata bukan hanya sekedar pewarna namun juga bisa untuk memaksimalkan perkembangan psikologis. keren sih

    BalasHapus
  7. Proses kreatif ini memang harus selalu diasah ya, kang..
    Setuju banget untuk menciptakan ruang bebas bagi anak-anak yang ingin berkarya. Bersama Faber Castell, anak berkarya dengan penuh percaya diri.

    BalasHapus
  8. Hepi banget ya Kang, mewarnai bisa mengurai stress dan emosi
    pilih warna dan bermain mewarnai ternyata menyenangkan sekali

    BalasHapus
  9. cocok banget untuk Aira anak saya yang kedua nih, dia suka banget bermain warna, menggambar, melukis. Pasti senang banget kalau saya belikan creative art ya ^_^

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel