Mau Mesin Motor Lama Rasa Baru? Coba Servis di Planet Ban

 


Salah satu konsekwensi punya barang otomotif itu rajin ngerawat. Selain dibersihin sesering mungkin supaya tetap kinclong juga rajin servis. Terutama motor yang lebih sering dipakai daripada mobil.

Saat ini servis motor sangat mudah karena bengkel bertebaran di mana saja. Sayangnya, terkadang ketika servis motor kita nggak tahu, apa saja yang musti diservis? Tiba-tiba montir yang menangani motor kita mengajukan beberapa penggantian sparepart dan perbaikan. Padahal bisa jadi, sparepartnya masih bagus.

Nah, supaya kita tidak kecolongan, sebaiknya tahu, apa saja sih yang perlu dicek ketika servis motor?

1). Oli Mesin

Pertama banget yang mesti dicek pastinya Oli Mesin. Oli Mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin, makanya musti didahulukan sebelum ngecek yang lain-lain.

Oli Mesin rutin diganti sesuai dengan jarak tempuh yang tercapai.  Rata- rata pabrik Oli Mesin merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Wajar sih, kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2). Oli Gardan

Oli Gardan berfungsi sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Jadi nggak perlu tiap ganti oli mesin, ganti oli gardan juga, hehehe. Oh iya, pengguna motor matic jangan sampai telah ganti Oli Gardan supaya motornya tetap terawat!

3). Busi

Busi adalah part atau bagian motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Makanya perlu banget yang namanya cek busi setiap servis supaya businya tetap dalam kondisi bagus.

4). Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem. Jika dibiarkan sangat berbahaya, bisa menyebabkan kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5). Filter Udara

Bagian ini seringkali diabaikan pengguna motor karena merasa motornya baik-baik saja. Padahal, penggantian rutin filter udara juga penting. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Mekanik biasanya akan pemeriksaan filter sebelum memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6). Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Jika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.


Aki Basah atau Aku Kering Tetap Perlu Dicer (Foto WEB Planet Ban)


7). Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, setiap akan menggunakan motor baiknya periksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum yang lainnya.

Pada saat service motor, mekanik akan focus pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), masih layak mengaspal apa tidak, dan sebagainya.

8). Tune Up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Saya sendiri biasanya tune up motor sekalian ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Saya biasanya minta mekanik cek dulu, kalau memang perlu tune up ya, langsung tune up biar sekalian.


Ganti Oli di Planet Ban (Foto WEB Planet Ban)

 

Bengkel Servis Motor Terbaik

Bengkel servis motor sekarang banyak banget, hampir di setiap sudut jalan ada, apalagi di kota besar seperti Bandung. Supaya kita mendapatkan servis yang bagus, kita musti cari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Servis motor di Planet Ban, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan distel rutin. Ada beberapa manfaat saat kita melakukan servis motor di Planet Ban.

     Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Mesin motor jadi lebih awet.

  Jika ada penggantian sparepart, pasti pakai yang asli sehingga pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

     Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

     Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Ganti Oli Berkala (Foto WEB Planet Ban)

 

Apa Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain?

Karena bengkel terbaik, Planet Ban tidak asal-asalan menyervis motor kita. Ada perbedaan yang sangat signifikan servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain.

Jika servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga wajar jika mesin lama terasa seperti mesin baru.

Karena semua bagian bersih dari noda dan debu, tarikan mesin jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Asyiknya, service motor di Planet Ban dengan jaminan seperti di atas, biayanya tetap terjangkau banget. Service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Terjangkau banget, kan?

Gimana, sekarang sudah tahu kan, apa saja yang musti dicek ketika servis motor? Apa pula manfaat yang didapat jika rutin servis? Bengkel mana yang harganya terjangkau dengan servis paling maksimal dan paling rekomended?

So, kalau perlu service motor, nggak usah ragu dan bimbang. Datang saja ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Previous article
Next article

6 Komentar

  1. Sepeda motor memang wajib servis rutin ya, Kang. Biar performanya bagus terus. Nanti saya rekomen dasikan Planet Ban ke suami kalau mau servis motor/ganti oli.

    BalasHapus
  2. Kalimat "Karena bengkel terbaik, Planet Ban tidak asal-asalan menyervis motor kita. Ada perbedaan yang sangat signifikan servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain." bikin saya pingin nyoba servis ke Planet Ban

    BalasHapus
  3. Melihat ulasan Planet Ban membuat saya jadi yakin mau service disana mba soalnya kemarin habis dipake touring pas lebaran

    BalasHapus
  4. Memang bener, Kang. Kalau service rutin, apalagi di tempat andal kayak Planet Ban, bisa bikin tarikan mesin tokcer layaknya motor baru. Ga khawatir ada gangguang di jalan karena rutin dicek.

    BalasHapus
  5. Makin yakin nih buat servis di Planet Ban. Harganya terjangkau banget, gak bikin dompet menjerit

    BalasHapus
  6. Di deket rumah ada Planet Ban ini seneng banget kalau servis motor deket dan harga terjangkau

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel